Bekam adalah teknik pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor  atau racan yang berbahaya dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Di Indonesia pengobatan bekam dekenal sengan istilah kop atau cantuk. Bekam memang kelihatannya menyeramkan karena terjadi pendarahan di bawah kulit. Padahal sebenarnya tidak seseram itu loh guys, dalam pengobatan bekam, darah yang akan diambil adalah di dermis (kulit jangat) bukan darah dari pembuluh darah. Bekam sendiri sudah popular di daerah Arab ini sudah mulai diminati oleh masyarakat Indonesia, karena bekam adalah teknik pengobatan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW.

Dalam terapi bekam , ada dua jenis terapi bekam yaitu bekam kering dan bekam  basah. Bekam kering berkhasiat dapat melegakan penyakit darurat. Bisa juga digunakan untuk meringankan nyeri urat punggung karena sakit rematik dan nyeri punggung. Bekam kering juga sangat baik bagi orang yang tidak tahan sama suntikan dan takut melihat darah. Kulit di bekam tampak merah kehitaman selam kurang lebih 3  hari. Teknik bekam kering yaitu dengan cara menghisap permukaan kulit dan memijat daerah sekitar tanpa mengeluarkan darah kotor. Sedangkan bekam basah adakah bekam yaitu teknik bekam setelah melakukan bekam kering, jadi setelah bekam kering kita melukai permukaan kulit dengan jarum tajam, lalu disekitarnya dihisap dengan ala cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Bekam basah memerlukan waktu 3-5 menit dan maksimal 9 menit dan darah kotornya akan di buang. Darah kotor yaitu berupa darah merah pekat dan berbuih. Selama 3 jam di bekam, kulit yang habis di bekam tidak boleh tersiram air.

Meskipun begitu terapi bekam juga tidak boleh dilakukan dalam jangka waktu yang berdekatan, karena terapi bekam menyedot stamina dari dalam tubuh. Jadi tidak sembarang orang bisa melakukan terapi bekam ini. Anak-anak di bawah3 tahun dan lansia  khsusunya penderita darah rendah tidak di anjurkan untuk berbekam, karena mereka tidak memiliki stamina yang baik. Itu sebabnya pasien sebelum di bekam memriksa tensi darah dan tes gula darah terlebih dahulu, kalau kadar gula mencapai 500-700 maka orang itu tidak boleh di bekam. Pengobatan alami seperti bekam  memang dipercaya tidak memiliki efek samping, paling gejala yang timbul setelah di bekam biasanya agak sedikit meriang. Sebenarnya ini bukan efek samping bekam, tapi itu merupakan reaksi tubuh yang menjadi sedikit meriang atau sedikit mual. Agar stamina pulih kembali, pasien harus mengkonsumsi madu dan minum manis” terutama susu.

DENY 081380077822

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *